Selasa, 18 Maret 2014

APA PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK DAN MODEL PEMBELAJARAN

PERBEDAAN PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, DAN MODEL PEMBELAJARAN.
PEMAHAMAN KONSEP PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK, DAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK PARA PENDIDIK


                                               Oleh: Jeck Prodes Wijaya_1213032039 (Ganjil)

             
Perkembangan kesejahteraan guru di Indonesia dari tahun-ketahunya semakin membaik sekarang kesejahteraan guru mulai di perhatikan oleh pemerintah, jika kita bandingkan kondisi guru beberapa tahun silam dengan kondisi yang sekarang tentu sangat jauh berbeda kondisinya. Pelaksanaan program peningkatan kesejahteraan guru seperti sertifikasi dan gaji ke-13 sudah berjalan dengan baik. Namun sangat disayangkan, kondisi kesejahteraan guru yang semakin membaik ini kurang berbanding lurus dengan keprofesionalan guru itu sendiri. Masih banyak guru yang tidak paham dengan istilah-istilah dalam dunia pendidikan dan pembelajaran yang sudah selayaknya untuk dipahami oleh guru. Oleh karena itu kali ini akan dijelaskan beberapa konsep dalam pembelajaran yang sering ditemui oleh guru, diharapkan dengan penjelasan beberapa konsep tersebut dapat menambah wawasan para guru atau tenaga kependidikan sehingga dapat mengaplikasikan pemahaman tersebut dilapangan. Dan tentunya output yang diharapkan nanti kedepanya adalah terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk bangsa Indonesia.  Baiklah langsung saja konsep yang akan dijelaskan kali ini adalah tentang: Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran.

1. Pendekatan Pembelajaran
    Pendekatan pembelajaran memiliki banyak sekali definisi namun masing-masing masih memiliki hubungan. Namun secara konseptual Pendekatan pembelajaran dapat di definisikan sebagai suatu cara pandang atau orientasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran, yang mewadahi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu untuk mencapai tujuan intruksional tertentu. Disini berarti pendekatan pembelajaran merupakan suatu fokus orientasi yang digunakan guru dan murid selama proses pembelajaran berlangsung, fokus orientasi pembelajaran tersebut terbagi kedalam dua bagian yakni: 1) pembelajaran berorientasi pada siswa (student centered approach) berarti fokus yang menjadi pusat pembelajaran terdapat pada siswanya, siswa yang dituntut untuk active dalam pembelajaran guru hanya sebagai fasilitator yang memfasilitasi dan mendampingi siswanya. 2) pembelajaran berorientasi pada guru (teacher centered approach) yakni pembelajaran berpusat pada guru, guru memunyai peranan yang sangat penting, guru menjadi sumber informasi dan gurupun bias menentukan apa saja yang harus dikuasai siswa.



2. Strategi Pembelajaran
    Setelah menetapkan suatu pendekatan pembelajaran maka diturunkan menjadi strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran memunyai arti sempit dan arti luas. Strategi pembelajaran dalam arti sempit adalah suatu cara yang di gunakan untuk mencapai tujuan ini memiliki arti yang sama dengan metode. Dalam pengertian luas sebagaimana dikemukakan Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) mengemukakan empat unsur strategi dari setiap usaha, yaitu:
1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan
sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya.
2. Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.
3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.
4. Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran
(standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.
Jika kita terapkan dalam konteks pembelajaran, keempat unsur tersebut adalah:
1. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
2. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
4. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan.
Dengan kata lain strategi pembelajaran  dalam arti luas adalah keseluruhan cara yang digunakan untuk mencapai tujuan kompetensi siswa  yang didalamnya mencakup pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

3. Metode Pembelajaran
    Metode pembelajaran merupakan  prosedur, atau cara yang digunakan yang digunakan oleh guru untuk mengimplementasikan rencana-rencana praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Jadi metode berfokus pada pencapaian tujuan pembelajaran. metode juga harus disesuaikan dengan strategi pembelajaran. Berbagai macam metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain seperti: metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium,  pengalaman lapangan, brainstorming, debat, simposium, dan sebagainya. Masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti contohnya metode ceramah metode ini memiliki kelebihan tidak memerlukan banyak biaya, murah, hemat waktu, dan dapat mencakup banyak materi dalam sekali penyampaian namun memiliki kekurangan kemampuan siswa terbatas dengan apa yang disampaikan oleh guru. Begitu juga metode-metode yang lainya oleh karena itu perlu dipertimbangkan juga antara metode yang digunakan dengan kondisi dilapangan.

4. Teknik pembelajaran

    Teknik adalah cara khusus untuk mengimplementasikan metode dalam sebuah proses pembelajaran. Teknik tergantung kondisi di lapangan, teknik dapat berubah-ubah tergantung guru dan kondisi pada saat praktek di lapangan.

5. Model Pembelajaran
    Mengapa model di bahas di akhir karena model merupakan wadah keseluruhan dari proses pembelajaran itu sendiri. seluruh proses dalam pembelajaran dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas itu di sebut model pembelajaran.
Jika keseluruhan konsep ini dibentuk menjadi sebuah desain visual maka akan tercipta kurang lebih seperti dibawah ini:



DAFTAR PUSTAKA
http://herdy07.wordpress.com/2012/03/17/apa-perbedaannya-model-metode-strategi-pendekatan-dan-teknik-pembelajaran/
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/
http://muahamadatauloh.blogspot.com/2013/12/strategimodel.html
http://smacepiring.wordpress.com/2008/03/10/beda-strategi-model-pendekatan-metode-dan-teknik-pembelajaran/
Pengertian_Pendekatan,_Strategi,_Metode,_Teknik,_Dan_Taktik.Pdf
Strategi-Model-Metode.Pdf









11 komentar:

  1. iseng2 browsing eh nemu blog mu jeck lumayan nangkring di page one. ane palah dibawah. top markotop dan, telur berkarya ...

    BalasHapus
  2. Trimakasih ka Eko atas kunjunganya, Insyaallah sedang berusaha ka untuk berkarya. Mohon bimbinganya juga ya ka, :)

    BalasHapus
  3. maksih gan... informasinya snagat bermanfaat nih nambah wawasan untuk meningktkan kecerdasan otak saya nnih..

    BalasHapus
  4. terima kasih lho.. sangat bermanfaat. smoga berpahala ya...

    BalasHapus
  5. terima kasih lho.. sangat bermanfaat. smoga berpahala ya...

    BalasHapus
  6. Trims bro, sangat bermanfaat bagi kami guru tua yg kurang melek IT.

    BalasHapus
  7. Trims bro, sangat membantu kami guru SD yang tidak mellek IT.

    BalasHapus
  8. bagus artikel nya ^-^
    sebagai penambah, saya menulis artikel terkait tentang perbedaan pendekatan, metode, strategi, teknik, dan model pembelajaran di link berikut
    https://tintapendidikanindonesia45.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-pendekatan-strategi-metode.html

    BalasHapus
  9. terima kasih atas pencerahannya..

    BalasHapus

Penyelesaian Sengketa Dalam Hukum Internasional

PENYELESAIAN SENGKETA DALAM HUKUM INTERNASIONAL     Penyelesaian sengketa dalam hukum internasional, baiklah sebelum penulis aka...