Senin, 24 Maret 2014

8 Macam Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner


MENGENALI 8 TIPE KECERDASAN MANUSIA MENURUT HOWARD GARDNER
                                                 Oleh: Jeck Prodes Wijaya_1213032039 (Ganjil)
   
    Setiap individu memiliki perbedaan kemampuan, ternyata hal tersebut juga berlaku pada kecerdasan. Kecerdasan merupakan kemampuan dalam memecahkan suatu persoalan serta menciptakan suatu produk dengan berbagai sudut pandang dan terjadi dalam kondisi yang nyata. Hal ini diungkapkan oleh Psikolog terkenal Prof. Howard Gardner, berangkat dari hal tersebut tentu akan ada banyak manfaat jika dapat mengetahui macam-macam tipe kecerdasan. Baik nantinya akan digunakan sebagai pengetahuan untuk dapat mengoptimalkan kemampuan diri, atau sebagai profesi seperti pendidik yang tentu perlu memahami kelebihan dan kekurangan peserta didiknya, atau bahkan sebagai seorang direktur  yang mengetahui kemampuan karyawanya sehingga bisa menempatkanya pada posisi yang sesuai. Oleh karena itu kali ini akan di paparkan tipe-tipe kecerdasan beserta cirri-cirinya menurut Prof. Howard Gardner atau lebih sering dikenal dengan Delapan Tipe Kecerdasan menurut Gardner.

1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)
    Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Orang yang memiliki kecerdasan ini merupakan seseorang yang pandai mengolah kata-kata saat berbicara maupun menulis. Orang tipe ini biasanya gemar mengisi TTS, bermain scrable, membaca, dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas.
Ciri-cirinya:  Senang bermain dengan kata-kata, menikmati membaca, diskusi dan menulis, suka membumbui percakapan dengan hal-hal menarik yang baru saja Ia baca atau dengar, suka mengerjakan teka-teki silang,bermain scrable atau bermain puzzle. Dapat mengeja dengan sangat baik, senang bermain dengan kata-kata. Jika Seseorang memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok untuk Ia adalah jurnalis, penyair, atau pengacara.

2. Kecerdasan Matematis atau Logika (Number Smart)
    Kecerdasan logik matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi dengan urutan yang logis atau masuk akal. Tipe kecerdasan ini adalah orang yang memiliki kecerdasan dalam hal angka dan logika.
Ciri-cirinya: senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental (mencongak), senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci, senang dengan permainan, puzzle atau sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan statistis seperti permainan cheker atau catur. Pekerjaan yang cocok jika memiliki kecerdasan ini adalah ilmuwan, akuntan, atau progammer.

3. Kecerdasan Spasial (Picture Smart)
    Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini memiliki kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas.
Ciri-cirinya: menyukai seni, menikmati lukisan dan patung. Memilki cita rasa yang baik akan warna, cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera atau handycam. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah arsitek, fotografer, desainer, pilot, atau insinyur.

4. Kecerdasan Kinetik-Jasmani (Body Smart)
    Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik.
Cri-cirinya: gemar berolahraga atau melakukan kegiatan fisik, cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri, senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau lari. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini  adalah atlet, pengrajin, montir, dan penjahit.

5. Kecerdasan Musikal (Music Smart)
    Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.
Ciri-cirinya: yaitu suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai salah satu alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang, dan gemar bekerja sambil bernyanyi. Pekerjaan yang cocok untuk Seorang yang memunyai kecerdasan ini adalah penyanyi atau pencipta lagu.

6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart)
    Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Orang tipe ini biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain.
Ciri-cirinya: senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite, lebih suka belajar kelompok dari pada belajar sendiri. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini antara lain networker, negosiator, atau guru.

7. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)
    Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang tipe ini memiliki kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri.
Ciri-cirinya: sering menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah itu sendiri, memunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi yang tidak banyak anda bagikan atau ungkapkan kepada orang lain. Pekerjaan yang cocok untuk Orang dengan tipe ini yaitu konselor atau teolog.

8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)
    Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam.
Ciri-cirinya: yaitu mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, dan senang melakukan kegiatan di luar atau alam. Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh petani, nelayan, pendaki, dan pemburu.


DAFTAR PUSTAKA
http://mazin-idiotclub.blogspot.com/2013/10/8-tipe-kecerdasan-manusia.html
http://brainvit.com/lebih-pintar-mana-habibie-atau-rudy-hartono.html
http://jendelasuara.blogspot.com/2013/04/8-tipe-kecerdasan-menurut-Howard-Gardner.html?m=1
http://ultrasonik20.blogspot.com/2011/04/8-jenis-kecerdasan-manusia menurut.html?=1
   
   


21 komentar:

  1. mantap sekali terimaksih atas informasinya ini sangata membantu sekali untk menambah wawasan dan meningkaatkan kecerdasan otak

    BalasHapus
  2. Trimakasih mas anwar :) semoga tulisan kecil ini dapat memberi manfaat untuk kita, silahkan kalau ada kritik dan saran masih dalam tahap belajar. semoga kita dapat saling belajar :)

    BalasHapus
  3. maaf kak, saya boleh mengcopy artikel kakak gak ? saya ada tugas dari guru untuk membuat blog, dan kalau di izinkan untuk mengcopy artikel ini, saya akan mencantumkan linknya di blog saya nanti

    BalasHapus
  4. @shafa Aghina iya boleh :) namun tentu artikel ini juga jauh dari kata lengkap silahkan shafa juga mencari dari beberapa referensi lainya salah satunya boleh yang ada di daftar pustaka artikel ini :) dan tentu untuk menghargai kerja keras mereka kita cantumkan sumbernya :) semangat buat shafa :)

    BalasHapus
  5. Kalau saya boleh tanya .... Apa benar orang yang tidak banyak bicara itu pintar ?

    BalasHapus
  6. iyo iki..aq pinter yang mana ya?

    BalasHapus
  7. @ putry setiap orang memiliki karakteristik masing-masing, ada yang pendiam dan cerdas, ada juga yang aktif dan gemar berbicara juga cerdas, dan sebaliknya tentunya. masalah kepintaran ada beberapa faktor yang memengaruhinya internal misalnya IQ ada orang yang terlahir dengan IQ diatas rata-rata. ada juga orang pintar karena hasil usaha giat belajarnya :) sekedar joke dari teman saya orang yang diam itu ada tiga
    1. ngerti
    2. ga ngerti dan
    3. terpesona hehehe :D

    BalasHapus
  8. @Boss Nanang lebih dekat ke yang mana? :) tapi bisa juga kok satu orang memiliki lebih dari satu tipe kecerdasan :) Boss Nanang sendiri tentunya yang lebih paham karakter Boss nanang sendiri :)

    BalasHapus
  9. Cari TiketPesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memilikipotensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone :085365566333
    PIN : 5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  10. Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat . tapi pertanyaan saya , apakah hanya 8 tipe kecerdasan ? , soalnya ditugas saya ada menanyakan kecerdasan alam semesta dan kecerdasan estetika . Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  11. Ada banyak sekali pendapat para ahli yg mengklasifikasikan tipe-tipe kecerdasan, yg saya tulis disini hanya pendapat ahli yg populer dan biasa di gunakan yaitu pendapatnya Howard Gardner, nah jadi tipe kecerdasan manusia tidak hanya terbatas hanya 8 seperti diatas, dan terakhir untuk tugasnya coba silahkan di cari ahli yg mengemukakan mengenai kecerdasan semesta dan estetika :)

    BalasHapus
  12. Anda penulis blog ini, tampaknya memiliki kecerdasan linguistik yang hebat !! ^_^ =D

    BalasHapus
  13. terima kasih sangat membantu

    BalasHapus
  14. Macam-Macam Kecerdasan Menurut Howard Gardner
    sangat penting diketahui oleh pembaca agar bisa memahami potensi apa saja yang ada dalam diri mereka

    BalasHapus