Rabu, 14 Mei 2014

Hakikat Dan Pengertian Globalisasi

HAKIKAT DAN PENGERTIAN GLOBALISASI

 Oleh: Jeck Prodes Wijaya_1213032039 (Ganjil)   
 (Sumber Gambar: http://www.kaskus.co.id)

       Pengertian globalisasi, baiklah disini penulis akan memaparkan sedikit tentang pengertian globalisasi. Kata globalisasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua akan tetapi berangkat dari pengalaman penulis ketika ada yang bertanya tentang pengertian globalisasi selalu ada keragu-raguan untuk menjawabnya dan tetap mencari-cari pengertian globalisasi padahal sebenarnya jawabanya sudah penulis ketahui. Oleh karena itu disini penulis akan memaparkan hakikat dan pengertian dari globalisasi untuk teman-teman pembaca sekalian yang mungkin pernah ragu-ragu atau kurang yakin dengan jawabanya tentang hakikat dan pengertian globalisasi, harapanya tulisan ini dapat menghilangkan keraguraguan dari teman-teman. Berikut hakikat dan pengertian globalisasi yang telah penulis kumpulkan dari berbagai sumber di tambah dengan beberapa contoh dan dampak yang di timbulkanya semoga bermanfaat.
 

1.    Hakikat dan Pengertian Globalisasi

        Pengertian globalisasi secara arti bahasa globalisasi berasal terdiri dari kata globe yang berarti dunia atau universal sedangkan isasi dalam bahasa Indonesia selalu beridentik dengan makna proses. Jadi secara bahasa pengertian globalisasi merupakan proses penduniaan atau suatu proses yang universal atau mendunia.
Didalam Wikipedia Indonesia globalisasi diartikan sebagai suatu keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Sedangkan menurut Malcom Waters : Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.
      Dari pengertian tersebut semuanya memiliki keterkaitan yang dapat kita hubungkan yang pertama globalisasi merupakan proses yang kedua proses tersebut akhirnya menimbulkan perubahan-perubahan yang menyebabkan saling terkaitnya elemen-elemen yang ada baik itu manusia maupun yang lainya seperti ekonomi, teknologi, budaya, dan lain sebagainya dan yang ketiga proses tersebut mengaburkan batas-batas Negara ataupun territorial dari suatu bangsa. Jadi dapat kita definisikan secara kontekstual bahwa globalisasi merupakan serangkaian proses yang menimbulkan semakin eratnya keterkaitan-keterkaitan antar elemen-elemen bangsa dan manusia diseluruh dunia sehingga menimbulkan perubahan-perubahan tertentu dan mengaburkan batas-batas Negara.


 (Sumber Gambar: http://jasaterjemahinggrisindonesiaarab.com)

2.    Contoh dari Globalisasi

        Contoh dari globalisasi sangat banyak sekali, disini penulis akan memberikan contoh-contoh yang sangat sederhana yang sering kita temui dalam kesehari-harian kita, seperti apakah teman-teman pernah membeli mainan untuk adik-adiknya atau mungkin untuk teman-teman sendiri kemudian biasanya di mainan itu ada tulisan Negara pembuatnya penulis contohkan mainan itu bertuliskan Made in China. Ya itu merupakan salah satu contoh dari globalisasi dalam bidang perdagangan dan ekonomi yang sangat sederhana setiap bangsa dan Negara sekarang sudah mulai bebas mengirimkan barang-barang buatanya kenegara lain. Contoh lainya dalam bidang teknologi seperti HP, Laptop, Ipad, Tab dan lain sebagainya mencakup perkembangan teknologi secara keseluruhan yang kita rasakan itu juga merupakan salah satu contoh dari globalisasi dan masih banyak contoh lainya yang tidak bias penulis tuliskan dalam tulisan ini karena terlalu banyak.

3.    Dampak dari Globalisasi

         Segala sesuatu selalu memiliki dampak, dampak tersebut ada yang positif dan ada yang negative berikut penulis paparkan sedikit dampak positif dan negative dari globalisasi:

               a.    Dampak Positif Globalisasi

                     1.    Berkembangnya teknologi semakin memudahkan keperluan kita
                     2.    Mudahnya mendapatkan informasi
                     3.    Semakin bertambahnya jaringan atau kenalan
                     4.    Mendapatkan pengetahuan baru

              b.    Dampak Negatif Globalisasi

                     1.    Budaya baru yang datang menyebabkan ditinggalkanya budaya lokal
                     2.    Mudahnya akses informasi dapat disalah gunakan
                     3.    Negara berkembang akan sulit bersaing dengan Negara maju
                     4.    Berkembangnya teknologi bisa membuat orang malas dan menginginkan yang instan

Demikianlah hakikat dan pengertian globalisasi yang dapat penulis paparkan semoga dapat bermanfaat, penulis tidak pernah berkeberatan untuk teman-teman mengambil tulisan ini. Namun tolong dicantumkan sumbernya ya  harapan penulis semoga Indonesia semakin Berjaya dan maju terus pendidikan Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi
http://globalisasiriva.blogspot.com/p/pengertian-globalisasi.html
http://www.pengertianahli.com/2013/11/pengertian-penyebab-dampak-globalisasi.html
http://deni-anggara.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-pengaruh-globalisasi.html


3 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan pengertian-globalisasi , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus
  2. trimakasih atas kesedianya berkunjung di blog saya yang sederhana ini :) blog agan juga keren :)

    BalasHapus

Penyelesaian Sengketa Dalam Hukum Internasional

PENYELESAIAN SENGKETA DALAM HUKUM INTERNASIONAL     Penyelesaian sengketa dalam hukum internasional, baiklah sebelum penulis aka...